Translate
PENGENALAN RUH SEBAGAI TAHAP AWAL PENGENALAN DIRI
PENGENALAN RUH SEBAGAI TAHAP AWAL PENGENALAN DIRI
Acuan dalam pengamalan tarekat bertumpu kepada tradisi dan akhlak nubuwah (kenabian), dan mencakup secara esensial tentang jalan sufi dalam melewati maqomat dan ahwal tertentu. Setelah ia tersucikan jasmaniahnya, kemudian melangkah kepada aktivitas aktivitas, yang meliputi:
WIRID PURBA JATI
WIRID PURBA JATI
Seluruh manusia, dalam benaknya memiliki rasa keingintahuan tentang wujud Tuhan. Maka lazim lah manusia membayangkan bagaimana gambaran keadaan Tuhan itu sebenarnya. Dalam beberapa agama samawi, menggambarkan keadaan Tuhan adalah “ranah terlarang” atau ruang lingkup yang musti dihindari, tidak menjadi pembahasan dengan obyek Dzat secara datail dan gamblang. Dengan alasan bahwa Tuhan sebagai Dzat yang amat sangat sakral. Maka menggambarkan keadaan Dzat Tuhan pun manusia dianggap tidak akan mampu dan akan menemui kesalahan persepsi, yang dianggap beresiko dapat membelokkan pemahaman.
MUNAJAT BERDOA
MUNAJAT BERDOA
Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang
Ya Allah, sampaikan shalawat kepada Muhammad dan keluarga Muhammad
MEMAHAMI KEHIDUPAN SEJATI
MEMAHAMI KEHIDUPAN SEJATI
Banyak orang tidak paham untuk apa ia hidup didunia ini, sehingga kehidupannya bebas tanpa batas seperti yang kita lihat dalam masyarakat Barat atau dinegara kita sendiri. Mereka biasa berhubungan seksual tanpa melewati pernikahan, mengambil harta yang bukan haknya, membunuh, menipu, merampok, berpakaian telanjang, makan dan minum yang haram.
RAHASIA KALIMAT SYAHADAT & HONOCOROKO
RAHASIA KALIMAT SYAHADAT & HONOCOROKO
Sebenarnya Ma’rifat itu terdapat pada kata kehendak, itu kehendaknya Allah, gerak, sabda, semua itu kemauan Allah (Makarti – Jawa), menurut kenyataan yang dikehendaki sebelum dikerjakan sudah siap, sebelum ditunggu sudah datang; umpama orang akan pergi ke Yogyakarta, baru berfikir mencari angkot, angkot datang mencari sewa dan tanya dimana Yogyakarta ya mas?, lalu orang tadi naik angkot ke Yogya, perjalanan itu berarti kehendak Allah, orang itu menyatu dengan Dat tadi (Allah), sehingga satu sama lain
LAKSITA JATI
LAKSITA
JATI
(Meraih Kasampurnan Hidup)
Ilmu yang mengajarkan tata cara menghargai diri sendiri,
dengan “laku” batin untuk mensucikan raga dari nafsu angkara murka (amarah),
nafsu mengejar kenikmatan (supiyah), dan nafsu serakah (lauwamah). Pribadi
membangun raga yang suci dengan menjadikan raga sebagai reservior nafsul mutmainah.
Agar supaya jika manusia mati, raganya dapat menyatu dengan “badan halus” atau
ruhani atau badan sukma.
MERETAS JALAN MENUJU MANUNGGALING KAWULA GUSTI
MERETAS JALAN MENUJU MANUNGGALING KAWULA GUSTI
POTRET NEGERI YANG KAYA ILMU SPIRITUAL TETAPI MISKIN PENCAPAIAN SPIRITUAL
Kita sadar dan percaya, bahwa di
bumi nusantara ini sangat kaya akan ilmu spiritual, tetapi ironisnya, banyak
yang gagal dalam PENCAPAIAN spiritualitas. Orang bersemangat untuk memeluk
agama, tetapi gagal dalam “menjadi’ agama itu.
MENGENAL NGELMU SASTRA JENDRA
MENGENAL NGELMU SASTRA JENDRA
Ilmu (kawruh) adalah
pengetahuan nalar. Sedangkan ngelmu (angel anggone ketemu) adalah pengetahuan
spiritual.
Sebelum membahas
tentang ngelmu sastra jendra saya bermaksud sedikit mengulas secara “ontologis
dan epistemologis” agar supaya kita lebih mudah memahami apa sejatinya ngelmu
sastra jendra. Di antara para pembaca yang budiman barangkali bertanya-tanya,
apakah yang dimaksudkan dengan pendekatan rasionalisme dan apapula yang
dimaksud dengan pendekatan emphirisisme dalam tradisi memperoleh pengetahuan,
dan bagaimana cara kita untuk mengenali dan membedakan di antara keduanya?
SERAT DARMOGANDHUL
SERAT
DARMOGANDHUL
Carita adêge nagara Islam ing Dêmak bêdhahe nagara Majapahit
kang
salugune wiwite wong Jawa ninggal agama Buddha banjur salin
agama
Islam.
SEJATINYA GURU SEJATI
SEJATINYA GURU SEJATI
HAKEKAT GURU SEJATI
Kembali pada pembahasan Guru
Sejati. Melalui 3 langkahnya (Triwikrama) Dewa Wishnu (Yang Hidup), mengarungi
empat macam zaman (kertayuga, tirtayuga, kaliyuga, dwaparayuga), lalu lahirlah
manusia dengan konstruksi terdiri dari fisik dan metafisik di dunia (zaman
mercapada). Fisik berupa jasad atau raga, sedangkan metafisiknya adalah roh
beserta unsur-unsur yang lebih rumit lagi. Ilmu Jawa melihat bahwa roh manusia
memiliki pamomong (pembimbing) yang disebut pancer atau guru sejati. Pamomong
atau Guru Sejati berdiri sendiri menjadi pendamping dan pembimbing roh atau
sukma. Roh atau sukma di siram “air suci” oleh guru sejati, sehingga sukma
menjadi sukma sejati. Di sini tampak Guru sejati memiliki fungsi
SEMBAYANG
SEMBAYANG
Penggalane Suluk Wujil, karya Sunan Bonang
Utamaning sarira puniki /
Angrawuhono jatining solat /
Sembah lawan pujine /
Jatining solat iku /
SEJATI ING JIWO
SEJATI ING JIWO
GOLEKANA tapake kuntul anglayang!
Ngendi ana? Lan sapa wonge sing bisa nggoleki? Mbok mubenga nganti muser-muser,
kuntule dhewe, yen lagi nglayang ing awang-awang, ya ora bakal bisa nggoleki
tapake. Apa maneh manungsa. Diperese nganti asat keringete, diputera nganti
mumet akale, langka manungsa bisa meruhi tapaking kuntul anglayang mau.
PESAN SUNAN DRAJAT
PESAN SUNAN DRAJAT
Tujuh pesan Sunan Drajat :
Memangun resep teyasing Sasomo (kita selalu membuat senang hati orang
lain)
Jroning suko kudu eling Ian waspodo (didalam suasana riang kita harus
tetap ingat dan waspada)
Subscribe to:
Posts (Atom)